Jumat, 31 Januari 2014

SEO



Selamat Malam, Akberians!
Gong xi fat chai~
Selamat tahun baru. Memasuki tahun baru kuda yang jatuh pada hari Jumat, AkberMks ada kelas SEO atau search engine optimization bersama kakak @lontaraa dari Anging Mammiri.
Ada banyak pengetahuan baru yang diperoleh oleh Akberians hari ini. Terutama trik memburu page one di google untuk artikel yang telah dibuat. Penerapan SEO ini merupakan hal yang dinamis (tidak tetap), karena para page one hunter hanya menebak dan mencoba bagaimana keyword-keyword mereka berada pada page one google dengan strategi yang telah ia gunakan. Google adalah mesin pencari yang cukup sering digunakan, maka dari itu banyak pemilik artikel memburu page one di google.
foto via @paccarita- kakak ucup @lontaraa dalam kelas #AkberMks41

 Sebelum sampai ke user pencari, konten harus terlebih dahulu disaring dengan menggunakan tiga filter algoritma google. Ketiga filter tersebut adalah, algoritma google penguin, dan yang terbaru dari google yaitu algoritma google hummingbird. Algoritma google panda google fokus untuk melakukan filter pada situs-situs yang memiliki konten yang tidak berkualitas, algoritma ini juga tidak menyukai bila pada sebuah situs memiliki banyak broken link (link error). Algoritma google penguin ini fokus untuk melakukan filter pada situs-situs yang melakukan spam, baik itu dari keyword, konten, link dll. Sementara algoritma google hummingbird  adalah sebuah algoritma pencari yang mementingkan kelengkapan konten pada keyword yang berhubungan.
Jika ingin membuat situs, ada baiknya melakukan perancangan situs secara garis besar, perancangan situs dimulai dari menentukan tema situs, menyusun kelengkapan perangkat situs, hingga melakukan riset keyword utama dan turunan. Penggunaan keyword dan konten yang terlalu banyak akan teridentifikasi sebagai spam oleh aloritma penguin. Keyword dapat dicari dengan di adwords.google.com >> Tools and Analysis >> Keyword Planner yang akan menampilkan keyword yang banyak disearch pada bulan lalu dan ada pula google.com/trends yang akan memunculkan keyword yang lagi ngetrend saat ini.
Untuk melakukan riset keyword, baiknya menggunakan SEOQuake pada Adds On. Keyword juga merupakan hal yang terpenting untuk menempatkan artikel pada page one. Apabila ingin mengetahui real competitors keyword, dapat menyematkan &start=990 pada ujung url search keyword google.

foto via @infoMKS_-Mulai masuk ke pembahasan SEO on page dan off pagenya

 SEO sebenarnya terbagi atas dua bagian yaitu SEO on page (optimasi yang dilakukan dalam badan situs) dan SEO off page (optimasi yang dilakukan di luar badan situs). Yang masuk dalam seo on page yaitu domain situs, title situs, tagline situs, keyword situs, konten situs, dan plugin situs. Sebaiknya untuk title situs memakai multi keyword (keyword utama + keyword pendukung). dalam memasukan keyword situs ada baiknya anda berhati-hati, karena ini berhubungan dengan algoritma penguin google. Takutnya situs yang memiliki banyak keyword teridentifikasi spam keyword oleh algoritma penguin.Untuk tagline, buatlah tagline sebuah situs yang merangkum semua topik situs. Tagline situs baiknya tidak lebih dari 150 characters. Plugin untuk keamanan situs  pada wordpress yaitu better wp security (membantu melindungi situs dari serangan peretas situs) dan wordfence security (anti virus bagi situs wordpress anda).
Faktor pendukung SEO on page digambarkan sebagai berikut:

Setelah mengenal SEO on page, kita beralih ke SEO off page merupakan pendukung untuk melakukan optimasi di luar badan situs (on page). SEO off page berkaitan dengan membuat strategi Linkwell pada situs. Ini dia gambaran struktur link well:



 Untuk masalah linkwell baiknya melakukannya dengan hati-hati, sebab hal ini berhubungan dengan algoritma google penguin

Well, terima kasih untuk Kak @lontaraa yang hari ini mengisi kelas #AkberMks41 dan tetntunya untuk Akberians yang sudah hadir sore tadi. Selanjutnya ada kelas #AkberMks42 bersama Daeng Taqdir Arsyad yang merupakan sekuel kelas #AkberMks41 hari ini yang info kelasnya akan dipajang di tl @AkberMks. Sampai bertemu nanti, berbagi bikin happy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar